Jumat, 07 Februari 2014

Tips Membeli Mobil Bekas

1. Anda periksa dulu sasis mobil terlebih dahulu. Tujuannya untuk mengetahui sasis bengkok atau tidak. Hal ini bisa dilihat dari manual, artinya dengan diraba atau dilihat saja, maka mobil bekas tersebut akan diketahui sasisnya bengkok atau tidak. Ada beberapa tingkat kemiringan sasis mobil yang bisa dideteksi dengan cara manual:

2. Kalau rada bergelombang, biasanya sudah hasil dempul dan cat baru, bisa jadi pernah ada apa-apa sebelumnya. Jangan lupa periksa jeroan kap mesin, dan perhatikan sudut-sudutnya. Apakah ada bekas dempul atau cat yang bertekstur aneh? Biasanya kalau pengecatan biasa, mereka tidak sampai sedetil hasil cat pabrikan.


3. Lihat juga apakah warna cat tidak belang, warna cat yang redup bisa jadi pertanda pernah dicat dengan cat yang berkualitas kurang baik. Untuk kondisi lalu lintas di Jabodetabek, bisa dibilang tidak mungkin apabila mobil tidak pernah bersenggolan dengan motor, karena itu apabila melihat bumper dalam keadaan mulus, hampir bisa dipastikan bahwa bumper pernah dicat atau diganti.


4. Mobil dengan cat original mempunyai harga jual yang lebih tinggi. Mobil yang sudah pernah tabrakan parah tentunya harus dihindari, bila terlihat lampu kiri dan kanan tidak sama (yang satu kusam yang satu cerah), itu bisa jadi pertanda bahwa mobil pernah tabrakan dan lampunya diganti. Lihat juga apakah lampu depan dan lampu belakang duduk dengan benar dan tidak ada bagian yang retak, pecah atau ditambal.


5. Kemudian coba buka kap mesin dan tutup bagasi, perhatikan dengan seksama bagian ujung atas kap mesin dan tutup bagasi apakah ada tanda-tanda bekas dicat, misalnya ada bekas las, dempul dan sebagainya. Mengingat bila pernah tabrakan yang paling sering kena adalah bagian-bagian ini. Cermati juga bagasi bagian belakang, coba angkat karpet tutup di bagasi, bila bagian ini bekas tertabrak biasanya bisa terlihat. Lihat juga baut-baut kap mesin dan tutup bagasi apakah ada cacat bekas dibuka, bila ada dapat dipastikan bahwa kap mesin atau tutup bagasi pernah dicat ulang.


6. Lihat juga semua pintu, terutama bagian dalam karena bila sudah pernah dilas ketok di bagian itu biasanya tidak bisa sempurna. Coba tutup pintunya dan dengar apakah suara yang timbul terdengar normal. Nah ketelitian dalammembeli mobil bekas berdasarkan bodi mobil memang sangat penting, selain untuk keselamatan dan kenyamanan pengemudi dan penumpang, bodi mobil yang baik membuat nilai jual barang tersebut juga diperhitungkan di psaran. Jadi bila ada penjual mobil bekas yang hendak berbohong, kejadian itu tidak menimpa Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar